March 19

Aku Ingin Jadi Ragi Bukan Peuyeum

ragi

Apa itu Ragi ?………………………” Ragi adalah sejenis makhluk hidup bersel satu, atau biasa disebut mikroorganisme. Ragi termasuk dalam golongan fungi, satu golongan dengan jamur.  Selain itu………dalam pembuatan penganan seperti tapai/tape atau roti, peranan ragi sangatlah penting.  Ragi akan bekerja bila ditambahkan dengan gula dan kondisi suhu yang hangat. Kandungan karbondioksida yang dihasilkan akan membuat suatu adonan menjadi mengembang dan terbentuk pori – pori.

Lalu Peuyeum itu apa dooong……. ?

peuyeum

Peuyeum atau tape singkong adalah makanan khas Kota Bandung 
yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan beraroma alkohol. 
Peuyeum ini dibuat dari singkong yang difermentasikan menggunakan ragi.
Orang sering mengatakan peuyeum sama dengan tape singkong, 
tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yaitu peuyeum lebih kering daripada tape. 

“Why?………………. Aku Ingin Jadi Ragi Bukan Peuyeum”

Teman-teman….dari sedikit makna ragi dan peuyeum diatas, tentunya teman-teman sudah mempunyai gambaran “Why? Aku Ingin Jadi Ragi Bukan Peuyeum”.

Ragi adalah bahan pengembang yang bisa mengembangkan apapun itu.  jika ragi itu diletakkan di suatu bahan tertentu, entah itu bahan kue, kedelai, singkong, minuman dll.. ragi akan sangat berperan untuk menjadikan semua itu sesuatu yang tentunya lebih enak dimakan,  lebih indah jika dilihat, lebih bermanfaat untuk orang banyak. Bukan sebagai perusak bahan yang ditempatinya seperti tanaman benalu.

kalau peuyeum ?………………… memang…….. peuyeum adalah sesuatu yang manis, enak dan legit banget jika di makan, jika dicium sangat menggoda untuk memakannya……..akan tetapi peuyeum jika diletakkan dimanapun atau jika tidak masuk dalam tubuh kita, peuyeum akan membusuk dan merusak tempat yang ditempatinya. hanya akan dibuang ditempat sampah, karena menjadi sesuatu yang tidak berguna. Bahkan kalau dibiarkan akan menambah kekotoran, kerusakan semakin meluas dimana-mana.

silah

Alasan itulah kenapa saya ingin jadi Raginya dibanding peuyeum.. saya ingin menjadi sosok yang bermanfaat buat orang banyak bahkan menjadi kepribadian yang bisa mengaitkan kembali benang-benang silahturahmi umat manusia, khususnya umat yang seiman dengan saya yang berceceran entah kemana..… saya harus bisa mengembangkan apa yang Tuhan percayakan kepada saya. Saya harus menjadi sosok yang bermanfaat bukanya sosok yang merusak suatu tatanan kehidupan yang indah seperti yang diinginkan Allah Swt.

Seperti yang teman-teman lihat di sekitar anda…….banyak orang yang terlihat manis bicaranya, manis penampilannya, tetapi mereka bukannya bermanfaat untuk kebaikan bersama, tetapi mereka menjadi manusia yang merusak semua apa yang dipercayakan Allah Swt pada mereka.

kata mutiara

Be Sociable, Share!


Copyright 2017. All rights reserved.

Posted March 19, 2015 by Nur Widayati in category "Pendidikan