February 18

Rokok Elektrik Mengubah Ketidak Pedulian-Ku

Gambar terkait

Pertama kali saat membaca artikel tentang rokok elektrik…dalam pikiran saya muncul pernyataan dan pertanyaan “ada-ada aja rokok yang mematikan kok di buat lebih keren dan menarik yaaa….seandainya saya punya sedikit otak kreatif penemu rokok elektrik ini…saya mau buat apa yaaaa???? hahahahaha….”

Jujur saya bukan pecinta rokok dan sejak bujang alias sejak mengenal cowok..saya sudah berjanji dalam diriku sendiri “saya akan menolak cinta cowok yang suka rokok” hahahaha…Apa yang terjadi, Tuhan sangat senang dengan doa umatnya yang positif untuk kesehatan kita looooo…dan  Alhamdulillah janji saya diijabah sama Tuhan karena teman spesialku sekaligus menjadi teman hidupku semoga sampai ajal menjemput alias suami tercina benar-benar jauh dari rokok, hohohoho…..Selain suami tidak merokok, saya terlahir dari keluarga kecil yang jauh dari rokok, bapak dan kakak cowokku juga tidak pernah menyentuh rokok sampai detik ini.

Sebenarnya saya kurang suka menulis cerita tentang rokok, akan tetapi dibalik sikap cuekku tentang rokok…ada keluarga besar dari suami sangat pecinta rokok, kebalikan dari keluargaku. Walaupun mereka merokok konvensianal atau rokok yang kurang keren menurut para remaja sekarang, bagi saya sangat mempengaruhi komunikasi saya dengan mereka. Bagaimana tidak ditengah-tengah obrolan asap putih yang membahayakan bertebaran di depan saya apalagi anak-anak kami juga ikut nimbrung di area silahturahmi kami….OH NO….lebih baik aku menghindar dan siap-siap dibilang orang tidak tahu diri…hehehhe

Karena bentuk kepedulianku buat mereka…akhirnya saya menulis artikel rokok elektrik ini, siapa tahu ketika mereka membaca tulisan saya ini sadar dan berhenti untuk mengkonsumsinya. Karena semakin modern zaman maka semakin kereeeeen dan menggiurkan kemasan semua benda yang ada didepan kita. contohnya saja yaaa rokok ini dari awalnya hanya kertas yang dinyalakan dengan korek api sekarang sudah elektri atau dengan listrik..kereeeen dan canggih bukan?…akibatnyapun kemungkinan besar lebih mengerikan yaaaaa….coba kita cek dari artikel-artikel yang saya baca dan cukup mewakili masalah rokok elektrik ini.

1.(http://www.jawapos.com/read/2017/02/09/108514/waspadai-rokok-elektrik)

Dokter spesialis paru RSUD Sidoarjo dr Dwiraras Radityawan SpP mengatakan, dalam bahasa medis, vapor kerap disebut electronic nicotine delivery system (ENDS). Yakni, suatu tren baru yang bertujuan menggantikan rokok konvensional. Tren penggunaan vapor baru dimulai pada 2003. Penemunya adalah salah seorang apoteker di Tiongkok. ’’Sebenarnya tujuan diciptakan vapor ini lebih bagus dari sisi kesehatan dibandingkan dengan harus merokok konvensional,” katanya.

Penelitian penggunaan vapor, lanjut dia, juga masih belum panjang, yakni sekitar 10 tahun. WHO dan BPOM hingga kini belum bisa merekomendasikan rokok elektrik tersebut aman 100 persen. ’’Dari rokok elektrik ini, orang diharapkan tidak bergantung pada rokok konvensional,” ujarnya.

Dwiraras menuturkan, BPOM hingga saat ini tidak merekomendasikan penggunaan vapor karena memang belum ada penelitian ilmiah yang melatarbelakanginya. Apabila dalam kandungan vapor terdapat senyawa nitrosamine dan karbon monoksida, di kemudian hari bisa terjadi kanker. ’’Vapor aman, tetapi bergantung isi kandungannya,” ujarnya.

2.(http://www.kompasiana.com/ragile/rokok-elektrik-meledak-di-mulut-remaja_56abaa128723bd6c0a8b8205)

BNN menemukan narkotika jenis baru yang bernama 4-Chloromethcathinone atau yang dikenal dengan Blue Safir. Cairan berwarna biru ini bisa diubah dalam bentuk bubuk sehingga dapat dicampur dengan liquid rokok elektrik atau vape. Karena penemuan narkoba terbaru jenis liquid yang disalahgunakan ini, Menkes Nila F Moeloek berujar bahwa penggunaan rokok elektrik sebetulnya lebih berbahaya daripada rokok tembakau. Menurutnya, zat seperti nikotin dan tar dalam liquid vape bisa langsung masuk ke paru-paru ketika dihisap karena tidak terdapat filter seperti rokok tembakau.

Contoh Korban Rokok Elektrik paling gres:
a) Sabtu lalu, 23jan2016, di kota Cologne, Jerman. Remaja umur 20th giginya rontok. Abis beli batere di toko buat ngerokok, dia isep. Eh meledak di mulut. Polisi dapet laporan. Si korban dibopong ke Rumah Sakit akibat gigi ambrol secara berjamaah. Mau nggak mau operasi deh!

b) 3 hari yang lalu di Kanada. Ty Greer Remaja Kanada (dok: globalnews.ca) Ancur deh ancuuur…! Seorang remaja umur 16th babak belur muka, gigi, dan mulut. Tragis. Penampakan korban mirip teroris mati bunuh diri. Ty Greer nama si remaja. Nyokap dan bokapnya sedih kagak kepalang. Yaiyalah, Ty Greer cengap-cengap waktu digotong ke rumah sakit. Udah pasti kudu operasi. Udah pasti lama sembuhnya. Dua contoh tadi memang logis. Lah wong barang elektronik, kalo cilaka pastinya kesetrum atau kena ledakan.

Dari dua contoh alamat website diatas membuka mata saya tentang bahayanya rokok elektrik ini, bukan bahaya untuk keluarga saya sendiri tetapi dunia juga akan merasakan dampaknya, bagaimana tidak jaman sekarang generasi penerus kita sangat mudah sekali melakukan sesuatu yang menarik, asik, keren dan gaul menurut mereka. Mereka tidak peduli dibalik kekinian tersebut ada bahaya yang mengancam masa depan mereka. Tidak perlu saya jelaskan lagi apa dampak ngeri rokok elektrik ini, karena dua contoh diatas sudah jelas dan mudah di fahami.
Alhamdulillahirrobbil’alamin………..
Category: kesehatan | Comments Off on Rokok Elektrik Mengubah Ketidak Pedulian-Ku
February 17

Herpes Zoster Menguji Kesendirian sang Ibu

Hasil gambar untuk ibu

Ya Allah…ya Allah…ya Allah…..adalah suara rintihan ibu yang sering  terdengar ketika virus varisela berulah menusuk-nusuk sebagian tubuh sang ibu. Rintihan itu bisa terdengar setiap saat, meskipun ibu berusaha menyembunyikan rintihan itu, kami anak, menantu dan cucumu tetap mendengarnya ibu…jangan kau simpan sendiri rasa sakit itu..menangislah jika ingin menangis karena kami siap menghapus air matamu ibu bahkan hanya itu yang bisa kami berikan untuk meringankan rasa sakitmu.

Seandainya saja aku bisa memprediksikan kapan rasa sakit itu muncul maka aku akan berubah menjadi obat yang bisa menghilangkan rasa sakit itu.

paragraf diatas sedikit gambaran bahwa sakit herpes itu rasanya sangat sakit…Biar tidak terbawa sakit….ayooooo belajar apa sih Herpes Zoster itu….karena kejadian ini akhirnya saya sedikit tahu tentang herpes…

Sebelum belajar tentang apa itu Herpes Zoster, saya sedikit bercerita awal mula munculnya sakit herpes zoster pada ibu kami.

Kurang lebih 3 minggu yang lalu sakit pada pinggul ibu kambuh lagi, kebetulan kami ada rencana untuk ke madura. Karena kami tinggal di tempat yang berbeda, otomatis ibu mamper kerumah saya dulu. Ibu tinggal di Banyuwangi dan saya di Sidoarjo.

Singkat cerita, setelah dari madura kami mengantar ibu ke salah satu Rumah Sakit yang dekat dengan rumah kami. Alhamdulillah tidak perlu antri lama…setelah ketemu dokter UGD, ibu melakukan tes urine dan diambil darah untuk mengetahui penyebab rasa sakit pada pinggulnya. 1 jam kemudian hasil tes sudah selesai dan kami tahu jawaban awal yang menyebabkan rasa sakit pada ibu…apa itu….ternyata tingkat kolesterol ibu 1000 lebih yang seharusnya 100an, kolesterol ibu 10x lipat dari seharusnya. Karena kolesterol yang tinggi itulah, kemungkinan terbesar rasa sakit itu muncul, sedikit lega kami mendengar hasil tes itu karena bukan penyakit yang berbahaya.

Setelah resep diperoleh kami pulang…dan dua minggu lagi ibu harus kontrol. Karena pekerjaan di Banyuwangi banyak dan tidak bisa ditinggal akhirnya ibu pulang ke Banyuwangi.

Seminggu berjalan, alhamdulillah rasa sakit mulai berkurang, tetapi anehnya sakit di tempat lain bermunculan. Sakit yang dirasakan ibu sekarang sangat sakit luarbiasa dan kulit yang dirasa sakit itu seperti kulit mati, jika disentuh atau ditekan tidak merasakan apa-apa. Dua hari kemudian muncullah bintik-bintik pada kulit yang sakit itu, karena tidak tahu itu sakit apa ibu mengoleskan minyak pada kulit, bukannya sembuh eee tambah hari tanbah sakit sampai-sampai tidak bisa tidur dibuatnya. Karena ibu khawatir kemudian telepon kami dan menceritakan rasa sakit itu…karena saat itu kami ada acara ke Malang dan pekerjaan ibu di rumah juga belum selesai maka ibu harus menahan rasa sakit itu.

Alhamdulillah sesuai jadwal dengan dokter, akhirnya kami bisa mengantarkan ibu kontrol. Sedikit kecewa sih…..dokter pertama yang merawat ibu keluar kota, apa boleh buat sudah jauh-jauh datang, ya ibu tetap kontrol walaupun dengan dokter yang baru. Setelah diperlihatkan bintik-bintik yang bermunculan pada bagian punggung sebelah kanan, dokter langsung bilang wah “ibu kena herpes tua ini, dan rasanya luarbiasa sakit looo bu”. Heeemmm benar-benar sakit dok, jawab ibu. Akhirnya diberi resep untuk menghilangkan nyeri karena herpes ini adalah salah satu penyakit yang tidak bisa hilang seketika dan harus kontrol terus. Saat itu Dokter mengharuskan ibu seminggu lagi kontrol. Sedikit kecewa lagi karena sakit pinggul yang pertama tidak ada jawabannya, karena ketika ditanyakan, dokter jawab tidak usah khawatirkan kolesterol hasil yang kemarin. Yang penting herpesnya ini disembuhkan dulu. Benar juga sih kata dokter. setelah resep selesai kamipun menebus dan langsung pulang.

Yaaaaa itulah sedikit cerita herpes zoster yang menguji kesendirian ibu. Why sendiri? karena bapak saya sudah hampir 3 tahun meninggal. Ibu tinggal dengan kakak satu-satunya, masih bujang lagi…jadi bisa dibayangkan betapa repotnya dan perlu kerja keras untuk ibuku. salam luarbiasa buat ibu.

Untuk mengenal sedikit herpes zoster saya mengambil artikel dari http://www.alodokter.com/herpes-zoster.

Herpes zoster adalah infeksi pada saraf dan kulit di sekitarnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air, yaitu varisela zoster. Virus varisela yang menetap di sekitar tulang belakang atau dasar dari tulang tengkorak tubuh bahkan setelah cacar air sembuh, dapat kembali aktif di kemudian hari dan menyebabkan herpes zoster.

Gejala-gejala Herpes Zoster

Apabila mengalami herpes zoster, gejala pertamanya adalah rasa sakit. Rasa sakit tersebut bisa berupa rasa panas seperti terbakar atau rasa seperti tertusuk benda tajam. Selain itu terkadang muncul rasa gatal dan mati rasa pada bagian yang terkena.

Ruam kemudian akan muncul serta berubah menjadi luka melepuh berisi air yang gatal dan menyerupai bintil cacar air. Lepuhan lalu akan mengering dan berubah menjadi koreng dalam beberapa hari.

Gejala herpes zoster hanya muncul pada satu sisi tubuh sesuai dengan saraf yang terinfeksi.

Selain itu, gejala awal penyakit ini terkadang dapat bervariasi. Sebagian kecil pengidap mengalami rasa nyeri tapi tanpa ruam. Berikut adalah gejala-gejala lain yang mungkin menyertai gejala utama:

Herpes zoster umumnya bukan penyakit yang tergolong serius atau berakibat fatal dan akan sembuh sendiri setelah 14-28 hari. Tetapi, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter jika merasakan gejala dan tanda klinis di atas, apalagi jika pernah menderita cacar air. Penanganan sedini mungkin akan menurunkan risiko komplikasi.

Buat ibu semoga cepat sembuh dan bisa beraktifitas seperti sebelumnya dan doa-doamu terus kami rindukan..Kami sayang IBU

Alhamdulillahirrobbil’alamin semoga ceritaku kali ini bermanfaat untuk semua.

Category: Cerita Sang Ibu, kesehatan, Love | Comments Off on Herpes Zoster Menguji Kesendirian sang Ibu
January 22

Haruskah Kami Bangga

Image may contain: 2 people, people standing, outdoor and nature

Pada suatu hari saat melihat foto anak kami di wall Fecebok saya, ada kata-kata yang tertulis “Pemain terbaik putra semester ganjil tahun pelatihan 2016-2017 ” Fathul atau Fathan ” kelas 3…..jujur hati ini mau meledak-ledak atau berteriak sambil mencium sang juara itu.

Kami bukan bangga lagi dengan apa yang diraihnya akan tetapi kami sangat …eeee…..sangaaaatttt….apa ya????….susah dech mau diucapkan dengan kata-kata akan kebahagiaan kami….yang jelas…saya merasa sesak nafas saat itu, bagaimana tidak sesak nafas, dia sendirian jauh disana hanya dengan pengasuh, teman dan guru, tetapi bisa menunjukkan kehebatan dia…yaaa walaupun baru tingkat latihan akan tetapi itu sangat memotivasi anak kami banget loooooo untuk tahap kedepannya…semoga makin rajin ya sayang untuk semester – semester berikutnya…

Selain itu, saat teringat rengekan dia minta kedatangan kami,  kejengkelan dan rasa sedih saat dituduh menghilangkan mainan teman, saat mendengar keusilan dia dengan temannya, rengekan-rengekan itulah yang membuat kami tidak percaya saat membaca kabar juara itu.. kami sungguh terkejut dan tidak menyangka Fatan bisa happy banget dengan dunia hockienya. Rasa syukur Alhamdulillah yang bisa kami ucapkan, serta terima kasih banyak untuk pengasuh dan para pelatih hockie untuk mendukung dan menyemangati anak kami.

Ada point penting yang bisa kami ambil, “kami tidak salah menyekolahkan anak kami jauh di sana, kami percaya kemandirianmu sejak dini akan menjadikan dirimu hebat dalam berbagai hal yang terpenting adalah problem solving skill, dan pantang menyerah”.

Haruskah kami bangga…dengan lantang kami jawab YAAAA!!!! KAMI BANGGA DENGANMU SAYANG……

 

Category: Uncategorized | Comments Off on Haruskah Kami Bangga