February 3

Pentingkah Perkembangan Duduk Untuk Bayi

duduk

Duduk adalah perkembangan motorik bayi yang sangat penting, dan semua bayi tidak terkecuali pasti akan melaluinya tanpa terlewati. Dengan Duduk bayi bisa berdiri, berjalan dan berlari dech….Kenapa saya sebut duduk adalah perkembangan yang penting, karena perkembangan sebelum duduk seperti merayap, merangkak terkadang dilewati oleh bayi….mereka tengkurep langsung duduk.

Bunda harus tahu, akan lebih baik jika perkembangan mulai dari tengkurap, merayap, merangkak, duduk, berdiri dan berjalan harus bisa dilaluinya. Jika tidak, kita sebagai orangtua wajib melatihnya. Karena akan mempengaruhi tahap perkembangan koqnitif anak kita nantinya. Tetapi jangan dipaksa saat melatihnya. yang penting kita tahu tahap-tahap perkembangan bayi setiap bulan dan tahunnya. Contoh umur 3 bulan bayi harus belajar tengkurap, oleh karena itu pada bulan ke 2, kita mulai sering menengkurapkan bayi kita. Jika latihan sudah, tetapi anak belum tengkurap pada usia semestinya, bunda jangan cemasĀ  dan khawatir, karena kemampuan anak tidak harus urut sesuai tahap-tahap perkembangan sesuai teori yang ada.

Untuk duduk ini usia 7-8 bulan bayi sudah bisa melakukan sendiri, walaupun demikian kita harus siaga bantal di belakangnya, karena belum kuat penuh bayi menopang kepala dan badannya saat duduk, jadi masih perlu perlindungan dan penjagaan yang ketat.

Be Sociable, Share!


Copyright 2017. All rights reserved.

Posted February 3, 2016 by Nur Widayati in category "Perkembangan Anak