Rokok Elektrik Mengubah Ketidak Pedulian-Ku

Gambar terkait

Pertama kali saat membaca artikel tentang rokok elektrik…dalam pikiran saya muncul pernyataan dan pertanyaan “ada-ada aja rokok yang mematikan kok di buat lebih keren dan menarik yaaa….seandainya saya punya sedikit otak kreatif penemu rokok elektrik ini…saya mau buat apa yaaaa???? hahahahaha….”

Jujur saya bukan pecinta rokok dan sejak bujang alias sejak mengenal cowok..saya sudah berjanji dalam diriku sendiri “saya akan menolak cinta cowok yang suka rokok” hahahaha…Apa yang terjadi, Tuhan sangat senang dengan doa umatnya yang positif untuk kesehatan kita looooo…dan  Alhamdulillah janji saya diijabah sama Tuhan karena teman spesialku sekaligus menjadi teman hidupku semoga sampai ajal menjemput alias suami tercina benar-benar jauh dari rokok, hohohoho…..Selain suami tidak merokok, saya terlahir dari keluarga kecil yang jauh dari rokok, bapak dan kakak cowokku juga tidak pernah menyentuh rokok sampai detik ini.

Sebenarnya saya kurang suka menulis cerita tentang rokok, akan tetapi dibalik sikap cuekku tentang rokok…ada keluarga besar dari suami sangat pecinta rokok, kebalikan dari keluargaku. Walaupun mereka merokok konvensianal atau rokok yang kurang keren menurut para remaja sekarang, bagi saya sangat mempengaruhi komunikasi saya dengan mereka. Bagaimana tidak ditengah-tengah obrolan asap putih yang membahayakan bertebaran di depan saya apalagi anak-anak kami juga ikut nimbrung di area silahturahmi kami….OH NO….lebih baik aku menghindar dan siap-siap dibilang orang tidak tahu diri…hehehhe

Karena bentuk kepedulianku buat mereka…akhirnya saya menulis artikel rokok elektrik ini, siapa tahu ketika mereka membaca tulisan saya ini sadar dan berhenti untuk mengkonsumsinya. Karena semakin modern zaman maka semakin kereeeeen dan menggiurkan kemasan semua benda yang ada didepan kita. contohnya saja yaaa rokok ini dari awalnya hanya kertas yang dinyalakan dengan korek api sekarang sudah elektri atau dengan listrik..kereeeen dan canggih bukan?…akibatnyapun kemungkinan besar lebih mengerikan yaaaaa….coba kita cek dari artikel-artikel yang saya baca dan cukup mewakili masalah rokok elektrik ini.

1.(http://www.jawapos.com/read/2017/02/09/108514/waspadai-rokok-elektrik)

Dokter spesialis paru RSUD Sidoarjo dr Dwiraras Radityawan SpP mengatakan, dalam bahasa medis, vapor kerap disebut electronic nicotine delivery system (ENDS). Yakni, suatu tren baru yang bertujuan menggantikan rokok konvensional. Tren penggunaan vapor baru dimulai pada 2003. Penemunya adalah salah seorang apoteker di Tiongkok. ’’Sebenarnya tujuan diciptakan vapor ini lebih bagus dari sisi kesehatan dibandingkan dengan harus merokok konvensional,” katanya.

Penelitian penggunaan vapor, lanjut dia, juga masih belum panjang, yakni sekitar 10 tahun. WHO dan BPOM hingga kini belum bisa merekomendasikan rokok elektrik tersebut aman 100 persen. ’’Dari rokok elektrik ini, orang diharapkan tidak bergantung pada rokok konvensional,” ujarnya.

Dwiraras menuturkan, BPOM hingga saat ini tidak merekomendasikan penggunaan vapor karena memang belum ada penelitian ilmiah yang melatarbelakanginya. Apabila dalam kandungan vapor terdapat senyawa nitrosamine dan karbon monoksida, di kemudian hari bisa terjadi kanker. ’’Vapor aman, tetapi bergantung isi kandungannya,” ujarnya.

2.(http://www.kompasiana.com/ragile/rokok-elektrik-meledak-di-mulut-remaja_56abaa128723bd6c0a8b8205)

BNN menemukan narkotika jenis baru yang bernama 4-Chloromethcathinone atau yang dikenal dengan Blue Safir. Cairan berwarna biru ini bisa diubah dalam bentuk bubuk sehingga dapat dicampur dengan liquid rokok elektrik atau vape. Karena penemuan narkoba terbaru jenis liquid yang disalahgunakan ini, Menkes Nila F Moeloek berujar bahwa penggunaan rokok elektrik sebetulnya lebih berbahaya daripada rokok tembakau. Menurutnya, zat seperti nikotin dan tar dalam liquid vape bisa langsung masuk ke paru-paru ketika dihisap karena tidak terdapat filter seperti rokok tembakau.

Contoh Korban Rokok Elektrik paling gres:
a) Sabtu lalu, 23jan2016, di kota Cologne, Jerman. Remaja umur 20th giginya rontok. Abis beli batere di toko buat ngerokok, dia isep. Eh meledak di mulut. Polisi dapet laporan. Si korban dibopong ke Rumah Sakit akibat gigi ambrol secara berjamaah. Mau nggak mau operasi deh!

b) 3 hari yang lalu di Kanada. Ty Greer Remaja Kanada (dok: globalnews.ca) Ancur deh ancuuur…! Seorang remaja umur 16th babak belur muka, gigi, dan mulut. Tragis. Penampakan korban mirip teroris mati bunuh diri. Ty Greer nama si remaja. Nyokap dan bokapnya sedih kagak kepalang. Yaiyalah, Ty Greer cengap-cengap waktu digotong ke rumah sakit. Udah pasti kudu operasi. Udah pasti lama sembuhnya. Dua contoh tadi memang logis. Lah wong barang elektronik, kalo cilaka pastinya kesetrum atau kena ledakan.

Dari dua contoh alamat website diatas membuka mata saya tentang bahayanya rokok elektrik ini, bukan bahaya untuk keluarga saya sendiri tetapi dunia juga akan merasakan dampaknya, bagaimana tidak jaman sekarang generasi penerus kita sangat mudah sekali melakukan sesuatu yang menarik, asik, keren dan gaul menurut mereka. Mereka tidak peduli dibalik kekinian tersebut ada bahaya yang mengancam masa depan mereka. Tidak perlu saya jelaskan lagi apa dampak ngeri rokok elektrik ini, karena dua contoh diatas sudah jelas dan mudah di fahami.
Alhamdulillahirrobbil’alamin………..
Be Sociable, Share!