Tiga Hal Penyebab Bayi Menangis saat Tidur Malam Hari

Saat bayi tidak nyenyak tidur di malam hari, sebentar-sebentar terbangun dan merengek. Kita sebagai seorang ibu sangat sedih dan bingung melihat buah hati kita menangis tanpa sebab.

Perlu kita ketahui tangisan bayi bukan karena tidak ada sebab. Karena dengan tangisan inilah sang bayi menunjukkan reaksi jika ada sesuatu hal yang terjadi pada dirinya.

Ada beberapa hal yang perlu bunda cek pada bayi bunda jika kejadian menangis secara tiba-tiba dan membuat bayi kita tidak nyenyak saat malam hari.

HAUS   

Jika bayi kita merasa haus secara otomatis bayi akan menangis, yang awalnya hanya rengekan kecil sambil mulut dibuka, digerak-gerakan ke kanan kiri untuk mencari puting ibunda. Jika tidak ketemu yang dicarinya lama-lama tangisan bayi akan keluar

Karena itu para bunda yang baik, jika hal ini terjadi langkah pertama kita segera memberi ASI. Jika ternyata Asi bukan penyebab tangisan sang bayi. Bisa jadi alasan yang kedua ini penyebabnya.

GIGITAN SERANGGA (nyamuk atau semut)

Gigitan serangga inilah yang sering terjadi juga, terutama nyamuk. Jika hal ini terjadi kita harus segera melihat semua anggota tubuh bayi, jika ada bekas gigitan nyamuk atau yang lain segera kita kasih minyak penghilang gatal yang cocok dengan kulit bayi kita.

KECAPEK-AN

Kalau pada bayi saya, hal ke tiga inilah yang terakhir kali saya cek. Jika ke dua hal diatas sudah kita lakukan dan bayi masih menangis, berarti bayi saya badannya capek. Saat itu juga dedek saya pijat ringan sambil saya beri ASI. Tubuh yang biasa saya pijat punggung, kedua betis kaki, dan sekitar ketiak. Cara pijat yang saya pakai seperti pijat sensoris pada bayi yaitu gerakan satu arah (dari atas kebawah).

Yaaaa ketiga hal inilah yang biasa terjadi pada bayi saya, jika saya langsung tanggap pada setiap kejadian , Alhamdulillah bayi saya langsung diam dan tidur lagi.

Catatan untuk kecapek-an “bayi saya kalau waktu mau mandi pagi dan sore saya pijat sensoris lagi” untuk membuat lebih rileks lagi tubuh dedek. Selama 15-30 menit.

 

Be Sociable, Share!